8 Cara Perawatan dan Pemakaian Handuk yang Baik dan Benar

8 Cara Perawatan dan Pemakaian Handuk yang Baik dan Benar

Handuk merupakan salah satu barang yang sering dipakai dalam berbagai kegiatan, terutama aktivitas yang menguras keringat. Seperti misalnya handuk olahraga yang dipakai oleh Anda yang senang dengan latihan fisik atau bagi para atlet. Meski terkesan sepele, handuk tetap harus mendapat perawatan yang baik, apalagi menyangkut kebersihannya. Karena handuk sering digunakan untuk menyeka keringat yang notabene dipenuhi kotoran. Jika tidak dibersihkan secara rutin, Anda mungkin akan terserang penyakit dari bakteri dan kuman yang menempel pada handuk tersebut.

Lantas, bagaimana cara merawat handuk agar bebas dari berbagai kotoran?

1. Satu Handuk untuk Satu Orang

Kebiasaan memakai satu handuk untuk banyak orang bukan hanya tidak higienis, tapi juga bisa memicu berbagai penyakit. Usahakan untuk tetap menggunakan satu handuk untuk satu orang saja. Sebab, Anda tidak pernah tahu kotoran yang menempel dari tubuh orang lain. Hal ini berlaku di mana saja, termasuk saat Anda memakai handuk saunasebagai alas untuk mencegah kontaminasi dari pengguna lain.

2. Mencuci Handuk Secara Rutin

Tahukah Anda bahwa masyarakat Indonesia cenderung jarang mencuci handuk yang dipakai? Biasanya handuk baru akan dibersihkan tiga hari, seminggu, atau sebulan sekali. Padahal, memakai handuk untuk Anda sendiri pun belum tentu menjamin kebersihan handuk dalam waktu lama. Jadi, pastikan Anda rutin mencuci handuk dan sediakan cadangan agar Anda bisa memakainya selagi handuk lain dicuci.

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Selain rutin dicuci, handuk juga harus rutin dijemur di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut akan membuat jamur, bakteri, dan kotoran lain di permukaan handuk tidak sanggup bertahan lama. Selain itu, jangan taruh handuk di kamar mandi. Kelembapan yang terdapat pada ruangan tersebut justru akan membuat bakteri dan jamur cepat tumbuh, apalagi kalau handuknya masih basah.

4. Jangan Menyetrika Handuk

Pernahkan Anda merasakan permukaan handuk hotel yang terasa lembut? Hal tersebut dikarenakan handuknya tidak disetrika. Mengapa demikian? Menyetrika handuk ternyata hanya akan membuat serat-seratnya kaku, matang, dan mati. Perlu diketahui bahwa sebagian besar handuk terbuat dari kapas yang masih segar tanpa melalui proses pematangan sama sekali.

5. Bersihkan Memakai Sabun

Meski tidak boleh disetrika, handuk tetap harus dibersihkan dengan memakai sabun. Seperti bahan lain, sabun akan mengangkat berbagai kotoran yang terdapat pada permukaan handuk. Pastikan Anda pakai sabun dalam takaran yang tepat. Pemakaian sabun yang berlebihan tanpa membilasnya sampai bersih hanya akan menyisakan busa atau bekas sabun pada permukaan handuk.

6. Hindari Pemakaian Softener

Pemakaian softener atau pelembut pakaian sangat tidak disarankan untuk handuk. Sebab zat pelembut yang terdapat pada softener malah akan melapisi bagian serat dan membuat daya serap dari handuk tadi berkurang. Maka dari itu, setelah mencucinya, Anda langsung jemur saja handuk di bawah sinar matahari alih-laih memasukannya ke dalam rendaman berisi softener.

7. Pensiunkan Handuk Tua

Baik itu handuk mandi atau handuk souvenir, kalau permukaannya telah lusuh dan warnanya memudar, Anda harus segera menggantinya. Memang tidak ada aturan pasti kapan sebaiknya mengganti handuk. Namun, Anda tidak bisa memakai handuk yang sama dalam waktu yang lama. Tertutama kalau bagian permukaannya sudah berlubang dan daya serapnya turun drastis.

8. Jangan Simpan di Kamar Mandi

Seperti yang sudah disebutkan, jangan simpan handuk Anda di kamar mandi. Apalagi kalau handuk tadi baru saja Anda pakai untuk membersihkan tubuh. Tingkat kelembapan yang tinggi akan mempermudah jamur bakteri untuk berkembang. Jadi ada baiknya untuk segera menjemur handuk kotor yang sudah Anda pakai setelah mandi di luar kamar mandi.

Selain memperhatikan cara perawatan, Anda juga bisa memakai handuk dengan bahan berkualitas. Salah satunya handuk berbahan microfiber. Tidak seperti kebanyakan handuk, serat yang ada dalam handuk ini sangat halus. Selain itu, saat dipakai untuk membersihkan, kotoran yang terdapat pada permukaan pun akan terserap alih-alih terdorong. Sehingga Anda yang memakai handuk microfiber pun kesehatan dan kebersihannya akan tetap terjaga baik.

Leave a reply